Semua Akan (P)indah Pada Waktunya

Semua Akan (P)indah Pada Waktunya :) 

Tulisan ini dibuat tak lama setelah Saya mendengar berita promosi dari orang-orang yang selama ini Saya kenal, yakni beliau-beliau atasan alias bos di lingkungan kanwil BRI Surabaya. Grup BBM sontak ramai, karena berita promosi yang (tidak terlalu) mengejutkan. Utamanya adalah Bapak Harry Gusti Utama, seorang bos Saya langsung, seorang Group Head ARK, orang yang selama ini sabar membimbing Saya sejak penempatan tugas yang pertama.

Sebenarnya ini bukan kali pertama. Saat OJT sekira satu tahun yang lalu, Saya pernah mengalami momen serupa ketika Pinca BRI Palembang Sriwijaya, Pak Sutarno, promosi menjadi Wapinwil Kanwil BRI Makassar. bahkan, bulan lalu, Pinwil BRI Surabaya, Pak Heru Sukanto, juga pergi promosi menjadi Dirut Bank BRI Agroniaga. Sedih jelas ada, ketika melepas Pinwil yang baik hati tersebut. Namun kali ini beda, karena faktor intensitas, kedekatan psikologis, dan tentunya karakter masings. Jadi memang seharusnya Saya sudah mulai terbiasa dengan rotasi, mutasi, promosi, dan demosi.  Tak ada yang harus terlalu dikhawatirkan, toh kita masih satu keluarga, Bank Rakyat Indonesia.

Banyak hal yang bisa diteladani dari Pak Harry Gusti Utama, terutama adalah sifat tenang dan menguasai situasi, sabar, tegas, dan sederhana, baik dalam bersikap maupun saat menjelaskan sesuatu. Tak heran, tak hanya anak buahnya saja yang “berduka” tapi semua orang yang pernah bekerjasama dengan beliau pasti akan merasa kehilangan, meski dengan kadar yang berbeda. Sebuah pelajaran berharga yang harus diambil dan dipraktekkan dalam perjalanan karir serta kehidupan Saya dan siapa saja. Enam bulan rasanya belum cukup untuk menimba “ilmu kehidupan” dari beliau. Saya tak menyesal ketika hampir sebulan lalu menolak tiket gratis ke Jakarta, hanya untuk ikut memberikan kejutan di harlah beliau di kediamannya, Malang.  Beliau sangat terkejut dan senang mendapat surprise di dini hari yang ceria tersebut. Sebagai “anak”, kami sungguh senang bisa silaturrahim langsung bersama keluarga kecilnya, sebuah keluarga bahagia.

Hari-hari setelah Pak Harry promosi tentu penuh tanda tanya dan kekhawatiran bagi Saya dan rekans. Namun kehidupan terus berjalan. Akan ada kedatangan dan kepergian seperti yang sudah digariskan. Seperti senandung Iwan Fals yang tengah Saya dengarkan: Waktu terus bergulir//kita ‘kan pergi dan ditinggal pergi…

Kos-kosan Beranjing Empat Ekor, Surabaya, 1 Juni 2012.

Tentang katatakterkata

Manusia biasa, huruf, kata, dan kalimat seadanya
Pos ini dipublikasikan di Tulisan. Tandai permalink.

Satu Balasan ke Semua Akan (P)indah Pada Waktunya

  1. beth berkata:

    saya, merasakan hal serupa bahkan lebih ketika pincapem saya promosi menjadi pinca di satu cabang di sulteng, bahkan sampai sekarang

Tinggalkan Balasan

